Manfaat Lari Pagi Untuk Menurunkan Berat Badan

Invar – Manfaat Lari Pagi Untuk Menurunkan Berat Badan

Pagi hari adalah waktu yang ideal untuk mengawali seluruh kegiatan yang menyehatkan tubuh dan pikiran, salah satunya melewati olahraga . Apabila Anda berharap menurunkan berat badan, ada bagusnya menentukan manfaat lari pagi untuk menempuhnya.

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang tak bisa dipisahkan dalam upaya menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, pagi hari adalah dikala yang ideal untuk berolahraga sebab lebih gampang menjadikannya sebagai rutinitas.

Manfaat Lari Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Gampang  Dihasilkan Rutinitas Harian
Untuk seseorang yang mengalami kesusahan menciptakan olahraga sebagai rutinitas, karenanya olahraga pagi hari adalah salah satu alternatif terbaik. Olahraga pagi hari juga benar-benar menguntungkan, sebab belum terganggu oleh kegiatan sehari-hari.

Lari pagi sebagai kegiatan lahiriah, benar-benar bagus untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam kapabel membakar 140 kalori.

Untuk menurunkan berat badan dan menerima manfaat lari pagi, upayakan berolahraga setidaknya 3 kali seminggu dengan sempurna waktu sekitar 60-90 menit. Tetapi, bagi pemula bisa mulai berolahraga sekitar 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan secara berjenjang.

Kecuali lari pagi, olahraga yang dianjurkan dikerjakan pada permulaan hari antara lain bersepeda, berenang, yoga, atau angkat bobot.

Meringankan Gangguan Tidur
Olahraga pagi, termasuk lari pagi, bisa meningkatkan mutu tidur. Berdasarkan penelitian, hal ini adalah elemen penting dalam menurunkan berat badan.

Mutu tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Tidur yang cukup akan membenarkan keseimbangan hormon sehingga tubuh kapabel membatasi nafsu makan.

Sebuah studi membongkar bahwa wanita umur 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang berolahraga pagi sekitar 60 menit per pekan, bisa tidur lebih bagus sekiranya diperbandingkan dengan yang tak berolahraga pagi. Sebaliknya, olahraga pada petang hari justru bisa membikin tidur kian susah.

Kiat Mengawali Lari Pagi
Sebelum mengawali lari pagi, usahakan untuk menjalankan pemanasan. Temperatur tubuh yang rendah pada pagi hari membikin pemanasan yang cukup sebelum olahraga menjadi benar-benar penting. Kecuali itu, sebagian hal yang bisa dikerjakan antara lain:

Konsumsi buah, jus, atau yoghurt sekitar 30 menit sebelum lari pagi. Hal ini penting untuk menghindari rasa pusing atau rasa lemas dikala berolahraga dengan perut kosong. Tetapi, dianjurkan untuk menghindari kopi.
Lakukan peregangan sesudah lari pagi. Hal ini akan menolong tubuh lebih lentur dan mencegah cedera. Bungkuk sampai tangan menempuh jari kaki atau putar kepala ke arah kanan dan kiri.
Sesudah selesai lari pagi, lakukan pendinginan selama sebagian menit. Tarik nafas dalam dan biarkan tubuh santai sekitar 1-2 menit. Lakukan ini sebelum mulai makan, mandi, atau kegiatan lain.
Pertimbangkan sentra kebugaran atau gym. Daerah latihan semacam ini benar-benar bagus untuk mempertahankan semangat berolahraga bagi beberapa orang.
Konsisten berolahraga di akhir minggu. Apabila Anda menciptakan olahraga pagi hari sebagai komponen rutinitas, sebaiknya konsisten lakukan pada akhir minggu.
Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, maupun mempunyai risiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terutama dulu sekiranya berharap mulai berolahraga.

Baca Juga : fakta dan manfaat olahraga malam hari

Direkomendasikan untuk mengawali lari pagi secara pelan cocok kesanggupan. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian untuk mendapat manfaat lari pagi secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *