Cara Mengganti Background Foto Dengan Paint

Cara Mengganti Background Foto Dengan Paint

invar.org – Mengubah background foto, tentu menjadi kebutuhan kebanyakan orang saat ini. Apalagi ketika menyangkut urusan dokumen yang mengharuskan pemiliknya membawa foto berlatar belakang warna tertentu. Tentu saja akan kesulitan sendiri jika ternyata foto tersebut berlatar belakang berbeda dengan warna yang diminta. Ditambah anda tidak dapat mengganti background foto sendiri.

Padahal sebenarnya anda dapat melakukannya tanpa bantuan jasa edit. Namun, untuk dapat melakukannya sendiri, perlu memahami cara mengubah latar belakang. Untuk membantu proses pengerjaan, sebaiknya menggunakan salah satu aplikasi editing. Dan anda bisa pilih paint sebagai sarananya yang tentu saja perlu mengetahui teknik terlebih dahulu. 

Teknik Mengubah Background

Bukalah aplikasi paint terlebih dahulu. Anda dapat membukanya dengan melakukan double klik pada icon di dekstop. Namun, apabila shortcutnya tidak ditemukan di desktop, maka bisa diakses melalui menu search di taskbar pada windows 10. Cara mengaksesnya adalah ketik paint pada menu search. Tidak lama akan muncul iconnya dan lakukan double klik. 

Setelah membuka aplikasinya, langkah selanjutnya adalah membuka file fotonya. Caranya adalah klik tab file, kemudian pilih open. Tidak lama akan muncul jendela pop up yang meminta anda memilih salah satu file untuk diedit. Selanjutnya, pilih open. Maka secara otomatis file yang akan diedit, tersaji di lembar kerja.

Proses penggantian latar belakang di paint, sebenarnya cara kerjanya agak mirip sistem crop. Jadi, bagian-bagian tertentu dihilangkan, kemudian dilakukan pewarnaan ulang. Apabila melakukan cut, maka gunakan tool selection shape pada tab home. Tool selection shape ini berisi opsi rectangular maupun free-form selection.

Fungsi tool tersebut adalah untuk menyeleksi bagian tertentu dari foto supaya dapat dipindah atau hanya sekadar dihapus. Namun, ada baiknya jika memilih free-form selection. Dengan memanfaatkan free-form selection silakan lakukan seleksi pada bagian gambarnya. Seleksi dilakukan dengan memisahkan antara objek dan background. 

Apabila kesulitan menyeleksi karena kurang terlihat garis tepi perbedaannya antara objek dan latar belakang, maka anda bisa memperbesar lembar kerjanya menggunakan tombol Ctrl di keyboard + scroll ke atas memakai mouse. Atau bisa juga dengan menggeser tanda zoom yang terletak di ujung kanan bawah lembar kerja. 

Jika menggeser tanda zoom ke kanan berarti memperbesar. Begitu juga sebaliknya. Lakukan seleksi secara perlahan supaya hasilnya rapi. Apabila telah selesai melakukannya, langkah selanjutnya adalah klik kanan lalu pilih delete untuk menghapus bagian hasil seleksi. Kemudian, anda bisa memberikan warna menggunakan tool brushes pada bagian pinggirnya terlebih dahulu. 

Kemudian dilanjutkan memakai tool bucket supaya dapat mewarnai seluruh bagian. Jika sudah selesai, simpanlah dengan melakukan klik file lalu pilih save as. Kemudian tunggu sampai layar menampilkan jendela pop up save as. Kemudian isilah nama file dan tipenya. Selanjutnya klik save.

Baca Juga : Ini Dia Cara Memberi Ucapan Terima Kasih Kepada Guru Tercinta

Dengan memahami cara mengubah background foto, anda tidak perlu lagi bingung untuk bisa melakukannya sendiri.