Cara Instal APK di Laptop Menggunakan Blue Stacks

Cara Instal APK di Laptop Menggunakan Blue Stacks

invar.org – Android Package (APK) tak hanya bisa dijalankan di sebuah ponsel Android, melainkan bisa juga dijalankan di laptop. Lantas, bagaimana cara instal APK di laptop?

Cara menginstal file APK di laptop bisa dengan memanfaatkan aplikasi bernama BlueStacks. BlueStacks dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Android dengan baik asalkan PC/laptop Anda punya spesifikasi yang mumpuni.

Cara Menginstal BlueStacks di PC/Laptop

Pertama, unduh BlueStacks melalui website resminya www.bluestacks.com. Jika sudah selesai mengunduh, buka file BlueStacks dengan cara double click. Jika installernya sudah terbuka, tekan tombol Instal berwarna biru.

Setelah itu, BlueStacks akan mengunduh bagian-bagian file yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Jika proses download selesai, tunggu beberapa saat hingga Emulator BlueStacks terbuka.

Selanjutnya, Anda perlu login menggunakan akun Google dengan klik Sign In dan tuntaskan proses loginnya.

Cara Instal Aplikasi di Bluestacks

  1. Metode Drag and Drop

Buka BlueStacks lalu biarkan hingga BlueStacks siap. Jika sudah siap, lakukan drag-and-drop file APK ke user interface BlueStacks. Nah, pemasangan aplikasi Android tersebut akan segera diproses. Selesai diinstal, Anda bisa membuka aplikasi dan menjalankannya di BlueStacks.

  1. Metode Tombol “Instal APK”

Ini adalah metode lainnya yang bisa Anda coba, langkah-langkah di metode ini bisa bervariasi tergantung versi BlueStacks yang Anda pakai. Buka dulu BlueStacks, lalu carilah tombol/opsi “Instal APK”, klik tombol tersebut.

Selanjutnya, Anda pilih saja file APK yang ingin diinstal di BlueStack. Setelah dipilih, proses instalasi akan segera dimulai. Begitu instalasi selesai, aplikasi bisa dijalankan seperti biasa.

  1. Instal dari Windows Explorer

Cara ini bisa dianggap sebagai cara yang termudah. Buka Windows Explorer, lalu cari file berformat APK yang telah Anda unduh. Klik dua kali file tersebut untuk mulai menginstalnya. Apabila instalasi tak kunjung mulai setelah diklik dua kali, coba klik kanan pada file APK dan pilih yang Open With BlueStacks. 

  1. Instal Lewat Google Play Store

Setelah BlueStacks dibuka, buka tab My Games, klik ikon Google Play. Tuliskan nama aplikasi yang mau Anda instal di search bar dan klik instal jika Anda sudah menemukannya. Setelah terinstal, silakan akses aplikasinya dari tab My Games.

  1. Instal Lewat Kolom Pencarian BlueStacks

Di BlueStacks, temukan kolom pencarian yang berada di pojok kanan atas. Ketikkan nama aplikasi Android yang mau Anda instal dan klik ikon kaca pembesar. Akan muncul hasil pencarian, klik aplikasi mana yang Anda inginkan.

Jika di hasil pencarian tersebut aplikasi incaran Anda tak muncul, coba klik opsi Pencarian di Google Play. Kemudian unduh aplikasi sesuai langkah-langkah yang disebutkan di cara nomor 4

Baca Juga : Mengenali Cara Kerja Otot Jantung dan Fungsinya

Itulah pembahasan cara instal APK di laptop yang bisa Anda coba. Cara di atas sebenernya cukup praktis namun sepertinya memerlukan perangkat yang mumpuni dan akses internet yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *