Bahasa yang Digunakan Untuk Membujuk Dalam Teks Negosiasi

Bahasa yang Digunakan Untuk Membujuk Dalam Teks Negosiasi

invar.orgBahasa yang digunakan untuk membujuk dalam teks negosiasi adalah bahasa dengan menggunakan kalimat persuasif. Persuasif merupakan jenis kalimat yang meyakinkan lawan bicara sehingga bisa dibujuk untuk bernegosiasi. Menggunakan kalimat seperti persuasif ini perlu memiliki kemampuan yang baik. 

Pada artikel kali ini akan diberikan cara ampuh untuk Anda dalam membujuk orang lain, baik untuk negosiasi maupun dalam membujuk yang lain. Simak cara yang akan dijelaskan di bawah ini!

Menguasai Langkah Awal 

  1. Perhatikan ketepatan waktu dari orang yang akan Anda bujuk. Ketika mereka memiliki waktu luang akan mudah untuk Anda mengajaknya berdiskusi. Berbeda halnya dengan jika mereka sedang sibuk akan lebih sulit untuk berdiskusi. Jadi perhatikan waktu. 
  2. Memahami orang. Memahami karakternya agar Anda bisa menempatkan diri dengan baik ketika bertemu. Jika Anda tidak mengetahui dengan baik, maka penting untuk membangun hubungan baik. Cari topik yang memiliki kesamaan antara Anda dan mereka. membicarakan hal-hal menarik dan yang mereka senangi. 
  3. Menggunakan ethos, pathos dan logos saat berbicara. 
  • Ethos, memikirkan kepercayaan.
  • Pathos, berpegangan pada emosi sendiri.
  • Logos, memberikan alasan yang jujur. 
  1. Menciptakan kebutuhan. Bagaimana kebutuhan orang dalam membeli atau setuju pada bujukan Anda. sehingga ini perlu Anda perhatikan dan pikirkan dengan matang. 

 

Meningkatkan Keterampilan Anda 

  1. Berbicara dengan nada cepat. Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk berbicara jika dengan meningkatkan kecepatannya. Pendengar Anda akan cepat menangkap maksud sehingga akan memunculkan pertanyaan dan  ketertarikannya. 
  2. Menguasai bahasa tubuh. Menggunakan bahasa tubuh saat berbicara itu penting, ini akan membuat lawan dari bicara Anda memperhatikan. Perhatikan gestur tubuh ketika berbicara. Biarkan tangan Anda tetap terbuka ketika mulai berbicara. Jangan melepaskan kontak mata dan wajah yang tetap tersenyum. Buat tubuh Anda senyaman mungkin agar tidak terlihat kaku. 
  3. Konsisten. Samakan antara bicara Anda dengan gestur dari tubuh. 
  4. Pantang  menyerah. Ketika Anda sudah ditolak, maka teruslah  bujuk dengan beberapa kalimat-kalimat persuasif. Jangan berhenti saat mereka mengatakan kepada Anda “tidak”.

 

Rancang Strategi 

  1. Menggunakan rasa bersalah dan balas budi. Contoh seperti SPG perusahaan yang memberikan produk gratis sebagai testi maka ini membuat Anda yang menerimanya menjadi tidak enak jika tidak  membeli produknya minimal satu. Cara ini dapat Anda terapkan pula dengan baik saat negosiasi. 
  2. Memilih penggunaan kata. Kata “kita” lebih efektif dalam membujuk orang dibanding dengan kata lain. kata ini memiliki arti dalam menyampaikan rasa persamaan, pemahaman dan persahabatan. 
  3. Mulai dari diri Anda. mulai dengan pembicaraan dari Anda dibanding dari orang lain. 
  4. Menyampaikan seluruh sudut pandang. Berikan sudut pandang Anda beserta argumennya untuk meyakinkan mereka. hingga orang-orang itu dapat mempercayai Anda dan ikut setuju. 

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Bahasa yang digunakan untuk membujuk dalam teks negosiasi adalah bahasa dengan menggunakan kalimat persuasif. Kalimat ini bisa digunakan dalam membujuk seseorang.